Tips Mengepel Lantai Keramik Agar Mengkilap dan Bebas Kotoran

Ubin keramik terbilang sangat diminati sebagai pelapis lantai serta dinding rumah mengingat penampilannya yang mengkilap serta perawatannya yang terbilang mudah. Tips mengepel lantai keramik agar mengkilap juga cenderung mudah dilakukan, apalagi jika dibandingkan dengan perawatan lantai yang terbuat dari material lain. Bahan keramik memiliki tekstur yang lebih licin dibanding tegel sehingga gerakan alat pel akan semakin cepat dan tidak sesensitif marmer serta tidak membutuhkan produk pembersih khusus. Namun, bukan berarti lantai keramik tidak bisa kotor. Jika terpapar debu atau kotoran lain, lantai keramik juga akan kotor dan mengurangi tampilannya. Untuk itu, kita harus membersihkannya dengan cara yang tepat.

Cara membersihkan lantai keramik kasar memang tidak dibutuhkan langkah-langkah khusus. Walau demikian, tetap ada kiat-kiat tersendiri yang bisa dilakukan untuk membersihkan keramik supaya lebih efektif, hemat waktu serta tenaga. Sapu seluruh permukaan lantai menggunakan sapu lantai atau mesin penyedot debu. Isi satu ember dengan air hangat serta cairan pembersih keramik. Apapun produk yang digunakan, baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan di label serta ikuti langkah-langkahnya. Pel lantai lalu biarkan agar kering secara alami. Kita bisa menggunakan kain lembut dan kering guna mengelap lantai yang telah dipel agar kering. Jangan gunakan peratalan kasar seperti sikat kawat untuk membersihkan ubin keramik karena akan menggores permukaannya.
Tips mengepel lantai keramik agar mengkilap
foto : poles-plus.com

Alat pel uap terutama terbukti ampuh dalam menjaga lantai keramik tetap bersih, berkilau, bebas kuman serta nat tidak menjadi kusam. Jika kita memiliki alat ini, gunakan untuk membersihkan rumah. Namun jika tidak ada alat pel uap, gunakan cairan pembersih lantai keramik yang bisa didapat di toko-toko. Poin kunci dalam pembersihan lantai di antaranya adalah menyapu lantai terlebih dahulu agar bebas dari debu serta kotoran, hindari menggunakan alat-alat kasar serta tajam serta gunakan produk yang dapat mengangkat lapiasn kerak kapur dalam kamar mandi. Pembersih kerak keramik bisa digunakan terutama apabila keramik sudah kotor karena lumut kerak ataupun jamur.

Produk pembersih kerak umumnya akan dapat digunakan sebagai salah satu cara mengepel lantai granit karena kandungan bahan kimia di dalamnya. Pembersihan lantai keramik terutama akan perlu dilakukan pada keramik yang baru dipasang. Noda-noda bekas pemasangan keramik akan membuat lantai menjadi kotor. Namun, selama noda-noda ini masih basah, akan lebih mudah bagi kita untuk membersihkannya. Segera bersihkan noda yang ada sebelum permukaannya mengering dan noda menjadi lebih susah untuk dibersihkan. Jenis serta tekstur keramik yang berbeda-beda akan membuatnya memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda pula. Pahami terlebih dahulu jenis dan karakteristik dari keramik yang dipasang sebelum mulai melakukan langkah-langkah pembersihan.

Cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang sendiri cukup mudah. Pertama, kita gunakan sapu serta kain pel. Sisa semen serta kotoran yang masih berceceran di lantai harus langsung dibersihkan. Sapu terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Kotoran ang terlihat bisa dibereskan terlebih dulu. Selanjutnya, lakukan pengepelan guna membersihkan debu-debu yang masih tertinggal sehingga lantai menjadi bersih maksimal. Selanjutnya, kita bisa menggunakan larutan cuka guna membersihkan permukaan keramik. Larutan cuka bisa digunakan untuk mengangkat noda termasuk semen yang menempel serta telah mengering pada keramik. Semen takkan butuh waktu lama untuk mengering sehingga penggunaan cuka akan membantu masalah ini. Siramkan cuka ke bagian-bagian yang terdapat semen kering lalu diamkan beberapa saat dan angkat dengan sapu serta kain pel.

Pembersih lantai keramik yang bagus salah satunya adalah asalm clorida atau HCL guna mmebersihkan permukaan keramik. Penggunaan HCL bisa dimasukkan dalam ember berisi air. Masukkan beberapa sendok HCL saja agar tidak terlalu asam. Siapkan kuas kecil lalu celupkan dalam ember tersebut. Oleskan ke bagian yang memiliki noda semen, baik yang sudah mengering ataupun noda-noda lain yang membandel. Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi lalu gosok menggunakan serabut kelapa. Penggunaan serabut kelapa ini dimaksudkan agar hasilnya lebih maksimal karena serabut kelapa lebih padat serta rapat namun tetap elastis sehingga akan mengangkat semua noda membandel.

Siram menggunakan air bersih agar kotoran larut bersama air. Lanjutkan dengan pengelapan menggunakan kain pel lalu lap lagi menggunakan lap kering bersih. Cara mengepel lantai agar tidak bau amis selanjutnya adalah dengan menggunakan ampas kelapa sisa dari pembuatan santan. Manfaatkan ampas kelapa yang sudah tidak digunakan untuk membersihkan keramik, baik yang baru dipasang ataupun yang sudah lama dipasang. Cara penggunaannya cukup mudah, di mana kita hanya perlu meletakkan ampas pada seluruh permukaan lantai. Diamkan beberapa saat supaya terjadi reaksi dan gosok-gosok menggunakan tangan agar noda-noda membandel dapat terangkat. Sapulah ampas jika proses sudah selesai. Bersihkan kembali menggunakan kain pel agar hasilnya lebih sempurna.

Penggunaan ampas kelapa juga menjadi salah satu cara mengkilapkan lantai ubin. Sementara untuk menghilangkan noda-noda membandel, kita juga bisa menggunakan garam. Cukup taburkan garam di bagian permukaan keramik yang memiliki noda membandel. Diamkan beberapa saat agar reaksi terjadi. Makin lama didiamkan, maka reaksinya akan semakin maksimal dan noda semakin mudah diangkat. Setelah noda-noda terangkat, kita bisa menyapunya terlebih dahulu. Jika masih ada sisa noda, ulangi untuk menaburkan garam. Jangan lupa untuk melakukan pengepelan supaya lantai makin mengkilat dan bersih sempurna. Kita bisa menggunakan garam dapur sehingga tidak perlu lagi membeli garam khusus.

Cara mengkilapkan lantai plesteran serta mengangkat noda membandel di keramik juga bisa menggunakan air perasan lemon. Air lemon terbilang sudah populer di kehidupan sehari-hari sebagai salah satu bahan untuk membersihkan aneka peralatan di dalam rumah. Kita bisa mengaplikasikannya pada permukaan keramik yang ada semen kering ataupun noda-noda lain. Diamkan beberapa saat supaya terjadi reaksi terlebih dahulu. Jika noda-noda telah melunak, maka itu artinya reaksi berhasil dengan baik. Lakukan penggosokan menggunakan sikat agar semua noda yang ada bisa terangkat. Selanjutnya, lakukan penyapuan secara menyeluruh dan pel lantai agar didapat hasil yang semakin maksimal.

Terakhir, kita juga bisa menggunakan baking soda agar dapat mengangkat noda di keramik yang baru dipasang. Baking soda ialah bahan yang kerap digunakan dalam membersihkan aneka peralatan dalam rumah. Cara menggunakan baking soda juga tidak jauh beda dibanding cara-cara lain yang telah disebutkan sebelumnya. Taburkan baking soda ke permukaan yang memiliki noda menempel serta membandel. Diamkan beberapa saat supaya terjadi reaksi terlebih dahulu. Setelahnya, kita bisa melakukan penggosokkan menggunakan sikat. Lakukan secara perlahan hingga noda-noda membandel tersebut terangkat. Gunakan sapu untuk membersihakn noda-noda yang telah rontok dan pel agar lantai mengkilap sempurna. Demikian adalah cara-cara yang dapat kita lakukan dalam membersihkan lantai keramik yang baru saja dipasang atau yang sudah lama dipasang.

Post a Comment for "Tips Mengepel Lantai Keramik Agar Mengkilap dan Bebas Kotoran"