Cara Membersihkan Stainless Steel agar Tetap Mengkilap

Stainless steel merupakan salah satu jenis logam campuran yang banyak digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga seperti peralatan dapur, wastafel, pagar, dan mesin untuk pengolahan. Stainless sendiri banyak digunakan dalam peralatan tersebut karena sifatnya yang tahan panas, tidak mudah korosi, dan tahan terhadap noda. Bisa dibilang stainless ini merupakan bahan yang digunakan untuk membuat alat-alat berat. Stainless sendiri merupakan logam baja yang tahan karat. Stainless mengandung kromium. Kadar kromium pada stainless untuk peralatan rumah tangga biasanya mencapai 10%. Stainless steel pada peralatan rumah tangga dapat tahan karat karena adanya lapisan oksida pada stainless tersebut. Walaupun stainless steel memiliki sifat tahan karat, namun logam campuran ini bisa saja kotor akibat terkena suatu cairan dan pada akhirnya dapat berkarat. Nah, kali ini kita akan membahas dan menggali informasi mengenai cara membersihkan stainless.
Cara Membersihkan Stainless Steel
foto:rumahku.com
Stainless steel memang tahan karat, namun jangan salah. Stainless steel ternyata tetap dapat berkarat dan dapat kotor akibat terkena sesuatu, bisa berupa zat cair atau padatan. Nah, istilah ilmiahnya stainless dapat bereaksi dengan suatu zat. Jika reaksi terjadi secara terus menerus, maka stainless tersebut akan mudah berkarat. Oleh karena itu, perlu perawatan khusus untuk menjaga peralatan dari stainless agar tetap bersih sehingga terhindar dari karat.

Noda pada Stainless Steel dan Cara Membersihkan Stainless Steel
Noda atau kotoran dari stainless steel dapat berasal dari mana saja. Bisa dari minyak, zat kimia, atau air. Seperti yang kita ketahui, bahwa stainless steel dapat bereaksi dengan zat kimia. Oleh marena itu, hindarilah pemakaian zat kimia untuk membersihkan peralatan dari stainless steel. Cara membersihkan stainless steel dapat dilakukan dengan cara menggunakan air hangat. Jika noda pada stainless steel merupakan noda biasa, maka Anda dapat membersihkannya dengan mengelap menggunakan air hangat. Stelah itu, Anda keringkan dengan kain yang memiliki daya serap tinggi seperti microfiber. Apabila noda atau kotoran tetap membandel, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan detergen yang soft atau sabun mandi. Detergen yang soft atau sabun mandi dicampur dengan air hangat, kemudian peralatan stainless steel dibersihkan dengan cara mengelap. Kemudian, jika noda atau kotoran sudah hilang, Anda dapat mengeringkannya menggunakan kain microfiber karena kain ini memiliki daya serap yang cukup tinggi. Nah, jika Anda mengelap bahan stainless steel, Anda harus mengelap searah dengan serat stainless agar tidak cepat rusak.

Stainless steel tak hanya dipakai pada peralatan rumah tangga untuk dapur saja. Stainless steel juga digunakan pada pagar rumah. Mengingat stainless steel adalah bahan yang terbuat dari logam campuran, walaupun tahan korosi, bahan ini tetap saja rawan berkarat jika banyak kontak dengan air, misalnya air hujan. Apabila karat atau noda kotoran sudah bermunculan pada pagar rumah, tentunya akan sangat mengganggu pandangan kita bukan? Jika pagar rumah kita kotor san berkarat akibat suatu zat, maka kita dapat melakukan pembersihan terhadap pagar tersebut. Cara membersihkan pagar stainless steel dapat dilakukan dengan menggunakan detergen lembut. Kotoran pada pagar kemudian digosok dengan menggunakan spons. Saat menggosok, Anda harus berhati-hati. Bagaimana jika nodanya membandel? Jika noda pada pagar membandel, maka Anda dapat menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dioleskan pada bagian yang berkarat. Setelah itu dibilas dengan menggunakan spons agar tidak rusak. Nah jika sudah, biarkan saja hingga pagar mengering.

Cara Poles Stainless Stell agar Mengkilap
Beralih ke proses untuk pemolesan stainless steel. Pemolesan stainless steel merupakan suatu metode untuk menghilangkan noda yang muncul akibat pengelasan dan memperbaiki tekstur yang tidak teratur akibat proses pengelasan. Cara poles stainless steel dapat dilakukan dengan cara yang tidak begitu mudah. Nah, tahap awal Anda harus menyiapkan alat seperti gerinda, langsol, amplas, kain poles,  kaca mata, kain bersih, serta masker. Setelah alat-alat siap, lakukan proses pengamplasan dengan menggunakan mesin gerinda. Amplas yang dapat Anda gunakan yaitu amplas nomor 400. Untuk meratakan sambungan las, Anda dapat menggunakan amplas nomor 80 (jika sambungan cukup tebal). Pengamplasan dapat diulang hingga halus, setelah agak lumayan halus, pengamplasan dilanjutkan dengan amplas nomor 800 sampai tekstur sambungan las halus dan rapi. Disc kain poles dipasang pada gerinda, kemudian alat langsol disiapkan. Langsol digenggam pada tangan sebelah kiri sedangkan mesin untuk memoles di tangan kanan. Tempelkan kain poles yang terpasang pada mesin poles secara mengambang pada langsol. Proses tersebut dapat dilakukan seperti saat proses pengamplasan. Nah setelah itu, secara bertahap, Anda tempelkan kembali pada langsol agar langsol terambil. Nah, kemudian dilakukan pemolesan kembali pada bagian yang telah diamplas sebelumnya. Nah pengamplasan dan pemolesan dapat dilakukan secara berulang hingga tekstur stainless steel kembali bagus. Setelah itu, Anda bersihkan stainless steel tersebut dengan menggunakan kain bersih secara pelan-pelan. Jika bagian pojok stainless steel sulit terjangkau, Anda dapat memakai cairan pembersih untuk membantu proses pembersihan.

Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel yang Berkarat
Setelah kita berbicara mengenai pemolesan stainless steel, kita beranjak ke proses lainnya ya. Kali ini kita bahas cara agar wastafel pada dapur menjadi bersih kembali. Nah, wastafel sering sekali terpapar dengan air, sisa makanan, sisa-sisa minyak, dan kotoran lainnya. Tentunya hal itu akan membuat wastafel menjadi mudah kotor bukan? Anda pastinya ingin dapur Anda terlihat bersih. Nah, untuk membersihkan stainless steel wastafel pada dapur Anda, kali ini kami akan berikan rahasia untuk membersihkan stainless steel wastafel. Cara membersihkan wastafel stainless steel dapat Anda gunakan beberapa bahan pembersih wastafel stainless steel seperti bakin soda, cuka, alkohol, minyak zaitun, dan soda. Jika Anda ingin menggunakan baking soda, Anda dapat mencampurnya dengan air hingga terbentuk seperti pasta. Kemudian, Anda oleskan pasta tersebut pada wastafel Anda dan jangan lupa menggosoknya dengan baja wol yang halus secara pelan-pelan agar wastafel tidak rusak. Kemudian cuci wastafel dengan air bersih. Mudah bukan? Berbeda lagi jika Anda ingin menggunakan alkohol. Alkohol juga dapat membersihkan karat wastafel. Jadi cara menghilangkan karat pada wastafel salah satunya menggunakan alkohol. Nah caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan alkohol ke seluruh bagian wastafel dan menggosoknya secara perlahan. Mudah bukan? Selain dengan alkohol, Anda dapat juga menggunakan soda. Soda akan memberikan efek gelembung oada bagian karat. Cuka efektif untuk menghilangkan karat dan membersihkan wastafel. Tuangkan soda di atas wastafel Anda, kemudian lap wastafel tersebut dwngan kain bersih. Tunggu beberapa saat hingga wastafel kering. Dapatkan hasil wastafel yang bersih maksimal. Nah langkah tersebut dapat digunakan untuk membuat stainless steel tampak mengkilap. Mudah kan cara membuat stainless mengkilap?

Cara Membersihkan Knalpot Stainless Steel
Selain wastafel dan pagar, salah satu benda yang terbuat dari stainless steel dan banyak digunakan adalah knalpot. Knalpot sangat rawan terkena karat dan noda. Cara membersihkan knalpot stainless steel dapat Anda lakukan dengan menggunakan sabun colek. Oleskan sabun colek pada knalpot, kemudian lap dengan kain kering. Nah, selain itu, Anda juga dapat bersihkan knalpot Anda dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk knalpot.

Stainless steel memang rawan sekali terkena kotoran. Alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari barang-barang yang terbuat dari stainless steel dari bahan kimia maupun kontak dengan air terlalu sering. Hindarkan stainless steel terkena portex maupun zat kimia yang sifatnya cukup keras.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Stainless Steel agar Tetap Mengkilap "