Simpel! Cara Hilangkan Noda pada Tas Kesayangan Anda

Noda menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh orang-orang, terutama kaum ibu-ibu. Pasalnya, noda yang menempel pada pakaian yang digunakan akan mengganggu serta merusak penampilan. Noda pada bahan-bahan kain seperti pada baju, celana, tas, hingga kaos kaki bisa berasal dari mana saja, bisa dari lumpur, debu, minyak, air tanah, hingga tinta pena. Jika noda tidak membandel, itu tak begitu menjadi masalah karena noda tersebut masih bisa dihilangkan. Namun jika noda telah membandel tentunya akan sangat mengesalkan karena kita butuh tenaga ekstra untuk membersihkannya. Penanganan noda itu sendiri tentunya berbeda-beda pada tiap kain. Untuk membersihkan noda pada kain seperti kain baju maupun celana, mungkin perlakuan untuk membersihkannya sama, namun berbeda lagi jika bahan yang ditangani adalah tas. Cara menghilangkan noda pada tas memang dibedakan dengan cara menghilangkan noda pada baju, kaos, atau kaos kaki. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan pada tas berbeda dengan bahan pakaian yang kita gunakan sehari-hari. Nah, jika tas kita tampak kotor oleh noda, pastinya kita tidak pede untuk memakainya bukan. Kira-kira bagaimana ya cara menghilangkan noda pada tas? Sebenarnya, perlakuan untuk membersihkan noda pada tas juga berbeda-beda untuk tiap noda. Untuk noda seperti lumpur, air kotor, dan makanan mungkin sedikit lebih ringan dicuci, namun jika noda yang menempel adalah tumpahan minyak, tinta, maupun cat air maka tentunya perlakuannya pun berbeda. Kira-kira bagaimana saja ya cara memusnahkan noda dari tas?
Cara Hilangkan Noda pada Tas
foto:sjkmalang.blogspot.co.id
Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Tas Kulit Sintetis
Jika kita akan membersihkan tas, tentunya kita harus memperhatikan noda apa yang menempel dan bahan apa yang digunakan untuk membuat tas tersebut. Cara menghilangkan noda tinta pulpen pada tas bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika tas berbahan dasar kulit, maka cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan alkohol. Kapas dicelupkan ke dalam alkohol, kemudian dioleskan pada bagian noda tinta sampai tintanya pudar. Jadi cara menghilangkan tinta pada tas kulit sintetis yang pertama Anda lakukan jangan menggosoknya dengan tangan atau membersihkan dengan air biasa, karena dapat merusak tas Anda. Nah, jika Anda tak punya alkohol, baby oil bisa menjadi alternatif untuk membersihkan tas kulit Anda. Jadi Anda harus berhati-hati jika tas kulit Anda terkena noda tinta. Jangan perlakukan noda sembarangan karena jika salah perlakuan maka tas Anda yang akan rusak.

Cara Menghilangkan Noda pada Tas Sekolah
Berbeda dengan tas kulit, cara menghilangkan noda pada tas sekolah yang biasa digunakan anak-anak lebih mudah. Cara menghilangkan noda tinta pada tas sekolah dapat dilakukan menggunakan air bersih. Namun perlakuannya juga harus berhati-hati. Nah, untuk membersihkan noda tersebut Anda cukup membasahi bagian tas yang terkena tinta. Kemudian tepukan kain handuk atau lap berwarna gelap pada bagian yang kotor agar noda berpindah. Agar hasilnya maksimal, Anda perlu mengulanginya beberapa kali sampai noda tinta benar-benar hilang. Apabila Anda kesulitan menghilangkannya hanya dengan air bersih, maka dapat dilakukan dengan menambahkan pembersih noda, tetapi harus berhati-hati. Ikuti petunjuk pemakaian agar tak salah pakai dan menghindari kerusakan pada tas. Jika Anda masih ragu, maka Anda dapat mencobanya di bagian tas yang tersembunyi. Nah jika nodanya adalah tinta permanen, bagaimana ya? Nah, jika noda tinta permanen, maka Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan cuka. Bagian tas yang terkena noda perlu Anda basahi dengan cuka. Kemudian, tepukan kain lap atau handuk pada bagian noda tersebut agar nodanya terserap oleh kain. Nah, selain memakai cuka, Anda juga dapat membersihkan tinta dengan memakai alkohol.

Cara Menghilangkan Noda HItam pada Tas Warna
Tas sekolah memang sering menjadi sasaran noda-noda. Apalagi jika tas tersebut digunakan oleh anak-anak karena mereka cenderung kurang berhati-hati. Nah, jika noda yang menempel pada tas sekolah adalah noda hitam biasa, maka membersihkannya tentu gampang-gampang susah bukan? Cara menghilangkan noda hitam pada tas dapat dilakukan dengan cara merendam tas tersebut dengan air bersih. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu merendam tas tersebut dalam air hangat dan detergen agar noda terangkat. Tas digosok secara perlahan-lahan dan pelan agar noda terangkat. Tas kemudian dibilas hingga busanya tidak tamoak lagi. Untuk beberapa bahan tas yang lembut, menggosoknya dengan menggunakan spon agar tidak cepat rusak.

Cara Menghilangkan Tas Kulit Berjamur
Berbeda lagi jika pada tas tumbuh jamur. Jika tas tersebut terbuat dari bahan dasar kain biasa mungkin sedikit sulit berjamur, tetapi jika bahan dasar atas adalah kulit, kemungkinan untuk tumbuh jamur lebih besar. Nah, bagaimana ya jika tas kulit berjamur? Cara menghilangkan tas kulit berjamur memang hampir sama dengan tas biasa. Pertama, siapkan air hangat dan sabun cuci khusus untuk tas. Kemudian, basahi bagian tas yang berjamur dengan air tersebut. Bagian yang tdrkena jamur tersebut digosok dengan menggunakan sikat gigi anak-anak atau menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus hingga noda jamur hilang. Karena kulit termasuk bahan sintetis, maka akan lebih baik jika tas di bersihkan menggunakan lap karet kemudian dicelupkan dalam air cuka. Kemudian, tas dibersihkan dari sisa-sisa busa dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu pengeringan dapat dilakukan dengan mengangin-anginkan saja.

Cara Membersihkan Tas Kulit yang Kusam
Nah bagaimana jika tas kulit kita sudah kusam? Berbeda dengan tas sekolah ataus tas yang terbuat dari bahan non kulit. Tentunya kita membutuhkan perlakuan yang berbeda jika tas kulit kita terlihat kusam. Nah jika tas kulit yang kita miliki nampak kusam, kita dapat membersihkannya agar terlihat seperti baru. Cara membersihkan tas kulit yang kusam yaitu dengan menggunakan air bersih dengan sabun detergen atau dengan sabun muka yang bersifat soft. Perbandingan air dengan sabun kira- kira 8:1. Nah setelah itu, tuangkan cairan tersebut ke dalam botol semprot atau botol bekas parfum. Semprotkan air tersebut ke spon atau kain, lebih baik jika menggunakan kain fiber. Bersihkan tas kulit dengan kain atau fiber yang telah dibasahi tadi secara searah dengan serat kulit. Setelah dibsrsihkan, tas dikeringkan namun jangan di bawah sinar matahari langsung. Tas cukup diangin-anginkan saja. Setelah itu, Anda dapat mempoles tas kulit Anda dengan pelembab tas kulit.

Beralih ke kasus lain. Jika tas terkena luntur, kira-kira bagaimana ya membersihkannya? Nah untuk menghilangkan noda luntur pada tas Anda perlu membersihkannya dengan air biasa dan cairan pelarut noda. Cara menghilangkan luntur pada tas dapat dilakukan dengan membersihkan noda luntur tersbut dengan air yang telah dicampur dengan penghapus noda atau cairan pelarut. Nah, jika bahan dasar tas adalah main biasa, Anda dapat merendam tas Anda selama beberapa menit agar noda larut. Namun, Anda harus memperhatikan apakah tas Anda sesuai dengan cairan pelarut yang akan digunakan. Setelah itu, pastikan noda luntur sudah hilang. Bagaimana? Mudah bukan? Itu tadi beberapa cara menghilangkan noda pada tas.
Semoga cara-cara di atas berhasil ya. Alangkah lebih baiknya jika kalian merawat tas dengan baik dan menjaganya agar tidak terkena kotoran. Sekian dulu ya artikel mengenai cara menghilangkan noda pada tas.

Semoga bermanfaat ya guys.

Post a Comment for "Simpel! Cara Hilangkan Noda pada Tas Kesayangan Anda "