Cara Membersihkan Bawah Wajan Hingga Seperti Baru

Anda punya masalah dengan kerak membandel? Itu wajar jika penggunaan panas yang berlebih, sehingga lapisan luar wajan Anda menjadi berkerak. Selain penyebab itu, ada hal lain yang menjadikan wajan Anda berkerak adalah ada sesuatu ysng menempel atau melapisi pada bagian luar wajan pada saat digunakan memasak. Kami memiliki trik ampuh tentang cara membersihkan bagian bawah wajan sehingga nampak seperti baru lagi.
Cara Membersihkan Bawah Wajan
foto:lifestyle.okezone.com
Di bawah ini trik ampuh bagaimana cara membersihkan bawah wajan atau panci yang gosong :
1. Sediakan tempat yang lebih besar dari wajan untuk menampung air sehingga panci atau wajan anda dapat masuk kedalamnya.
2. Tungkan air panas ke dalam tempat penampung wajan. Lalu larutkan segelas cuka dan soda kue ke dalam air panas tersebut.
3. Masukkan wajan yang gosong hingga terendam kedalam tempat yang lebih besar tadi. Jika Anda kesulitan dan takut kena air panas, beri pemberat ke atas wajan Anda sehingga wajan atau panci dapat tenggelam.
4. Diamkan selama satu malam, sehingga kerak yang menempel melunak.
5. Setelah di rendam selama satu malam di air cuka, lalu cara menghilangkan kerak belakang wajan bisa dimulai dengan membersihkan kerak membandel dengan sikat atau sabut spons, hingga kerak pada rontok berjatuhan.
6. Langkah yang terakhir adalah cuci dan bilas dengan air bersih.
7. Sebelum memasak, pastikan bagian wajan atau panci Anda tidak ada kotoran yang menempel.

Masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan dan dalam artikel ini, akan kami ulas bagaimana cara menghilangkan kerak belakang wajan. Begini ringkasan singkatnya:

Sebetulnya wajan atau panci gosong kembali kinclong hanya butuh 4 langkah
1. Pertama hal yang perlu Anda lakukan adalah merendam wajan ataupun panci selama satu malam pada air panas yang sudah di campur dengan cuka dan citrun.
2. Kedua, bersihkan panci yang gosong dengan serabut dari bahan stainless.
3. Ketiga bilas dengan air yang bersih.
4. Gunakan perasan jeruk nipis di atas bekas panci yang gosong, gunakan serabut yang lebih halus untuk bilasan terakhir, alhasil panci atau wajan Anda kembali kinclong.

Jika Anda memiliki Teflon yang juga berkarat atau terdapat noda membandel, perhatikan cara membersihkan wajan teflon yang dengan cara-cara di bawah ini!
1. Kenali kerak yang menempel pada wajan teflon Anda, apakah itu disebabkan oleh kotoran yang menempel ataukah di sebabkan hal lain semisal panas yang berlebihan pada saat memasak.
2. Hal yang dilakukan untuk kali ini sama dengan cara membersihkan bawah wajan
3. Yang perlu Anda ketahui bahwa wajan teflon memiliki tekstur yang lebih halus dengan wajan pada umumnya.
4. Jadi Anda harus sedikit hati-hati dalam menggunakan serabut yang Anda gunakan pada saat membersihkan wajan teflon Anda. Hal ini pun sama dengan cara membersikan teflon berkarat.
5. Campuran bahan yang digunakan juga masih sama, yaitu cuka dan citrun.
6. Namun yang beda hanyalah, untuk kali ini lebih perlahan karena bahan dasar teflon memilki tekstur yang lebih lembut.
7. Dan yang terpenting adalah bagaimana lapisan teflon yang digunakan untuk memasak tetap terjaga kebersihannya sehingga kualitas masakan Anda dijamin tetap higienis.

Mengingat bahwa kerak membandel merupakan masalah utama. Disarankan kepada pengguna alat masak untuk selalu membersihkan sisa makanan yang menempel pada peralatan makan secara rutin, terutama pada alat makan yang sering terkena api secara langsung. Berbeda lagi dengan stainless yang gosong, cara menghilangkan gosong pada panci stainless yang perlu anda siapkan adalah serabut jaring atau serabut stainless, citrun, botol air mineral bekas, dan cuka dapur. Setelah semua terkumpul, lakukan langkah-langkah di bawah ini:
1. Stainless merupakan bahan yang paling banyak digunakan, baik dunia kesehatan, perkantoran, bahkan hingga peralatan dapur.
2. Khusus peralatan masak yang menggunakan stainles, apabila Anda menemukan peralatan masak yang gosong, maka cukup menggunakan beberapa bahan sederhana seperti citrun dan cuka dapur.
3. Bilas terlebih dahulu bagian yang gosong dengan air. Larutkan citrun ke dalam botol yang sudah di isi air.
4. Rendam beberapa jam peralatan masak Anda yang gosong dengan larutan air cuka.
5. Lalu, langkah selanjutnya adalah gunakan citrun yang sudah dilarutkan ke dalam botol air, gosok dengan serabut jaring.
6. Untuk cara menggosoknya, fokuslah hanya pada permukaan yang gosong. Hingga hilang bagian gosong yang melapisi peralatan masak Anda.
7. Setelah bersih, silahkan letakkan peralatan masak anda dalam keadaan miring. Dengan maksud agar bekas air dapat segera kering.
8. Simpan di tempat yang jauh dari api. Dan yang terpenting adalah selalu jaga kebersihan peralatan memasak Anda.

Setiap peralatan masak tentunya memiliki ketahanan yang berbeda terhadap panas. Ada yang baru dipakai beberapa hari sudah berkerak dan susah untuk dihilangkan. Kami menyarankan Anda untuk melakukan cara membersihkan panci berkerak dengan benar. Berikut panduan untuk membersihkan panic berkerak penuh noda:

Ada beberapa pilihan bahan yang mampu mebersihkan kerak panci Anda:
a. Menggunakan minyak sayur
Bahan masakan yang satu ini ternyata ampuh untuk membersihkan panci yang berkerak, berikut caranya :
1. Gunakan minyak sayur untuk melapisi panci yang sudah berkerak.
2. Setelah bagian panci yang berkerak sudah diberi lapisan minyak sayur, lalu diamkan beberapa jam. Biarkan bagian yang berkerak melunak bersama minyak sayur.
3. Langkah selanjutnya, cuci dengan serabut kasar dan sabun cuci piring agar sisa manyak sayurnya hilang.
4. Bilas dengan air bersih.

b. Menggunakan cuka
Cuka dapur yang biasa dipakai untuk makanan dapat digunakan untuk membersihkan panci yang berkerak, langkahnya hampir sama dengan cara membersihkan bagian bawah wajan yang sudah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya.

c. Menggunakan serbuk abu gosok
Inilah cara yang digunakan oleh orang – orang pada zaman dahulu sebelum ada sabun. Cara ini memang dapat dibilang traditional dan kuno. Bahwa abu gosok memberikan manfaat yang luar biasa, khususnya untuk mengatasi panci yang berkerak. Cara membersihkan teflon berkarat ataupun panci yang bergerak dengan menggunakan abu gosok adalah sebagai berikut :
1. Buatlah adonan serbuk abu gosok. Caranya campur abu gosok dengan sedikit air.
2. Oles dan gosokkan secara merata pada permukaan panci yang berkerak.
3. Pada saat menggosok, beri sedikit tekanan, hal ini dimaksudkan agar kerak yang melekat dapat rontok dan pudar.
4. Bilas dengan air hingga bersih.
5. Simpan di tempat yang bersih dan wajan dan peralatan memasak anda lainnya dapat digunakan kembali.

Demikian tips dan cara membersihkan bawah wajan maupun panci. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan sangat berbahaya dan tidak dianjurkan, yang lebih baik adalah memanfaatkan barang yang ada disekitar Anda. Sekian artikel ini dibuat, semoga memberikan kebermanfaatan buat kita semua.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Bawah Wajan Hingga Seperti Baru"