Cara Mengusir Kecoa di Rumah Secara Alami

Siapa yang benci kecoa? Kebanyakan orang membenci dan jijik terhadap kecoa, terutama keoca terbang. Sesekali kecoa akan masuk dan tinggal di dalam rumah Anda, tentu saja hal ini akan sangat sulit untuk mengusirnya. Kecoa dapat merusak barang-barang Anda seperti buku, lapisan kertas dinding, barang elektronik, memakan makanan Anda, bahkan ada juga jenis kecoa yang dapat menyebarkan kuman pada manusia. Ada beberapa cara mengusir kecoa di rumah. Gunakanlah tips-tips berikut ini untuk mengusir dan membasmi kecoa dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan umpan hingga perangkap.
cara mengusir kecoa di rumah
foto : rentokil.co.za

1. Menjauhkansumber air dari kecoa
Kecoa sudah pasti membutuhkan air. Kecoa adalah binatang yang masih bisa hidup hingga satu bulan tanpa makanan, tergantung dari ukuran dan shu tubuhnya. Namun kecoa hanya bisa bertahan paling lama satu minggu untuk hidup tanpa air. Karena itulah salah satu cara mengusir kecoa terbang adalah dengan menemukan semua titik kebocoran air di rumah Anda. Kemudian perbaiki kebocoran tersebut. Saat kecoa sudah kehilangan sumber air, maka kecoa akan lebih tertarik untuk mendekati dan memakan umpan yang sudah Anda siapkan.

2. Bersihkan semua tempat
Bersihkan seluruh ruangan di rumah Anda secara menyulurh. Kunci keberhasilan dari mengusir kecoa adalah dengan mempunyai rumah yang bersih. Dapur adalah tempat pertama yang harus segera dibersihkan. Segera cuci piring dan gelas bekas makan. Jangan sampai piring dan gelas kotor menumpuk karena akan menjadi sarang kecoa. Bersihkan pula remah-remah dan ceceran makanan secepatnya. Jagalah semua ruangan di rumah Anda agar tetap bersih. Perhatikan pula bagian atas kompor karena kecoa suka daerah yang berminyak. Terapkan cara ini sebagai cara mengusir kecoa di mobil. Rutinlah membersihkan mobil Anda paling tidak seminggu sekali.

3. Pel lantai
Mengusir kecoa dengan cara yang menyenangkan adalah dengan rajin membersihkan lantai rumah Anda. Memang terlihat melelahkan namun sebenarnya tip ini adalah win-win solution. Mengapa demikian? Selain Anda bisa mengusir kecoa, lantai rumah Anda pun akan selalu bersih. Hilangkan noda-noda yang lengket dan remah-remah makanan. Hindari air dari tembok karena kecoa membutuhkan air.

4. Simpan makanan
Cara mengusir kecoa terbang selanjutnya adalah dengan menyimpan makanan dari udara terbuka karena dapat mengundang kecoa. Gunakan tudung saji untuk melindungi makanan Anda. tutup rapat wadah makanan dan jangan biarkan makanan-makanan Anda berada di luar untuk waktu yang lama. Saat ada piring dan gelas kotor, langsung segera dicuci. Jangann lupa pula untuk tidak meletakkan buah-buahan tanpa pelindung di atas meja makan. Sebaiknya masukan ke kulkas saja.

5. Buanglah sampah
Bunglah sampah dengan teratur minimal seminggu dua kali ke tempat pembuangan sampah. Gunakan satu tong sampah khusus untuk makanan di rumah Anda. jangan sampai tong sampah khusus makanan terisis sampah untuk waktu yang lama. Sebaiknya gunakan tempat sampah yang terdapat penutup. Jangan gunakan yang terbuka karena akan menjadi sarang kecoa. Pilihlah tempat pembuang sampah yang terdapat penutup yang rapat dan jika bisa berjarak cukup jauh dari rumah Anda.

6. Gel anti kecoa
Gen anti kecoa merupakan salah satu cara membasmi kecoa Jerman. Gel anti kecoa ini tersedia di toko dan biasanya dikemas dalama wadah yang aman. umpan kecoa ini terbuat dari racun yang bekerja cukup lambat. Oleskan gel pada makanan yang akan digunakan untuk umpan kecoa. Saat makanan tersebut sudah dimakan, dia akan kembali ke sarangnya dengan membawa racun. Tak lama kemudian, kecoa-kecoa lain akan ikut terkena racun.

7. Obat kecoa
Obat kecoa kebanyakan mengandung bahan aktif Hidrametilnon 2% dan Fipronil 0.05%. Anda bisa membelinya di toko. Sama seperti poin sebelumnya, obat kecoa ini bekerja lambat. Pada saat kecoa memakan racun itu, dia akan mengeluarkan racunnya di sarangnya sehinga kecoa yang lain akan mati saat menyentuhnya.

8. Kapur barus
Mengusir kecoa dengan kapur barus adalah cara yang paling umum. Kapur barus memang terbukti ampuh untuk mengusir kecoa. Letakkan kapur barus di tempat yang sering dilewati kecoa, misalnya sudut-sudut rumah, lemari, laci, di bawah tempat cucui piring, lis kayu pada dinding. Letakkan kapur barus sedekat mungkin dengan sarangnya agar semakin banyak kecoa yang mati. Perlu diperhatikan bahwa menggunakan kapur barus, obat kecoa, dan gel anti kecoa ini membutuhkan waktu beberapa minggu. Pada saat generasi pertama sudah dibasmi, maka mereka akan menetaskan telur lebih banyak lagi sehingga Anda harus bisa menyingkirkan dan membersihkan sarang kecoa dengan menggunakan racun.

9. Asam borat
Cara mengusir kecoa di kamar mandi adalah dengan menggunakan asam borat. Asam borat bisa Anda temukan di apotek namun ada juga yang menjualnya sebagai bubuk pembasmi kecoa. Campurkan lima sdm bubuk asam borat, lima sdm gula halus, lima sdm tepung terigu. Campurkan dengan air secukupnya saja hingga encer, lalu tumpahkan cair tersebut secara menyeluruh ke lantai kamar mandi. Gula dan tepung akan menarik perhatian kecoa, sedangkan asam borat akan meracuninya. Anda juga bisa menggunakan campuran asam borat, gula halus, dan tepung terigu tanpa mencampurkannya dengan air untuk ditaburkan ke lemari, laci, bawah kompor, bawah tempat cuci piring, bawah kulkas, dan lain-lain. Anda juga bisa mengganti gula dnegan coklat bubuk. Asam borat adalah racun kecoa paling ampuh.

10. Perangkap kecoa
Perangkap kecoa dapat memancing kecoa untuk masuk dan menangkapnya dengan perekat. Perangkap kecoa tersedia di toko. Belilah beberapa perangkap dan letakkan perangkap-perangkpa tersebut di tempat yang sering kecoa kunjungi. Perangkpa kecoa sangat efektif untuk membasmi kecoa dewasa, namun tidak akan berdampak apapun pada sarangnya.

Penyebab Banyak Kecoa di Rumah

Ada beberapa faktor yang membuat kecoa betah untuk tinggal di rumah Anda, seperti :

1. Rumah yang lembab dan gelap. Biasanya kecoa suka bersarang di tempat yang gelap dan lembap seperti kamar mandi. Kecoa akan bertelur di tempat yang lembab dan gelap, karena itulah sebisa mungkin Anda membuka jendela rumah agar terdapat sinar matahari langsung yang masuk ke ruangan di rumah Anda.

2. Ruangan yang terlalu hangat juga bisa membuat kecoa betah di rumah Anda. Jangan lupakan ventilasi pada rumah Anda. kondisi yang hangat juga cocok bagi kecoa untuk berkembang biak.

3. Rumah yang kotor juga bisa menjadi penyebab utama mengapa kecoa betah untuk tinggal di rumah Anda. Kecoa akan menaruh telur-telur di tempat yang lembab, kotor, dan gelap. Anak-anak kecoa akan mendapatkan makanan yang cukup untuk ditumbuh di tempat tersebut. Karena itulah jangan sampai ada sampah yang menumpuk atau sisa-sisa makanan di rumah Anda. Kecoa bisa mendatangi rumah Anda.

4. Ada retakan atau terbuknya tutup septic tank di rumah Anda. Kecoa akan mendekati tempat tersebut untuk mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Demikian beberapa cara mengusir kecoa di rumah. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mengusir Kecoa di Rumah Secara Alami"