Pembersih Keramik Kamar Mandi Paling Ampuh Untuk Angkat Kerak

Sisa-sisa sabun serta air yang tertinggal di lantai kamar mandi seringkali akan menimbulkan kerak. Kerak ini bahkan tidak hanya akan terdapat di lantai kamar mandi, namun juga dinding keramik hingga kloset di kamar mandi. Kerak tentu akan mengurangi kilau serta keindahan pada keramik dan membuat kamar mandi tampak menjijikkan. Membersihkan keramik di dinding, lantai serta kloset tak cukup hanya dengan air serta sabun saja. Kita tetap membutuhkan pembersih keramik kamar mandi paling ampuh. Aneka tips dalam membersihkan kamar mandi juga harus diperhatikan agar didapat hasil pembersihan yang maksimal. Kita bisa menggunakan aneka bahan khusus agar dapat mengangkat kerak membandel di keramik kamar mandi.
pembersih keramik kamar mandi paling ampuh
Foto : rumah.com

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

1. Cuka

Cara membersihkan keramik kamar mandi yg membandel pertama adalah dengan menggunakan cuka. Isi botol semprot menggunakan cuka lalu semprotkan cuka ini pada dinding ataupun lantai keramik. Semprotkan agak banyak dan tunggu kira-kira 10 menit. Setelah 10 menit, hidupkan kran atau shower air panas. Biarkan cuka yang telah disemprot menyatu dengan air panas. Uap dari air panas akan membantu melarutkan lapisan kotoran sabun yang menempel. Kita bisa menyiramnya kembali menggunakan air panas selama dua menit. Lap keramik yang telah disemprot menggunakan spons basah. Usahan untuk membersihkan spons sesering mungkin. Bilas keramik yang telah dibersihkan lalu keringkan.

2. Cairan Pembersih

Agar pembersihan lantai keramik makin maksimal, letakkan satu sendok makan car wax ke spons basah dan oleskan pada keramik menggunakan gerakan melingkar. Hal ini agar kilau alami dari keramik bisa kembali didapatkan. Cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Apalagi sekarang sudah makin banyak produk pembersih yang dapat langsung digunakan. Produk pembersih ini juga telah diformulasikan secara khusus dalam mengangkat kerak sabun, kerak dapur serta aneka jenis kotoran lain yang menempel pada keramik. Aplikatornya juga semakin mudah karena kita tak perlu lagi repot-repot membuat cairan pembersih sendiri. Tuangkan cairan pada wadah yang ukurannya cukup lebar. Celupkan sikat ke dalamnya dan gosokkan pada bagian keramik yang kotor.

3. Kaporit

Diamkan keramik yang telah disikat selama 10 hingga 15 menit, kemudian sikat lagi dan bilas sampai bersih. Jika kita hendak membuat cairan pembersih keramik kamar mandi sendiri, maka bahan yang digunakan ialah kaporit. Siram keram yang menempel di keramik menggunakan air panas. Taburkan bubuk kaporit secara rata di bagian yang ada keraknya. Biarkan 30 menit lalu siram menggunakan air bersih. Gosok keramik tersebut dengan sikat secara merata lalu bilas sampai bersih. Bahan lain yang bisa kita manfaatkan dalam membersihkan keramik kamar mandi ialah asam sitrat. Penggunaannya juga cukup mudah serta sederhana.

4. Asam Sitrat

Penggunaan asam sitrat untuk membersihkan keramik diawali dengan pembersihan keramik menggunakan batu apung serta air sabun. Setelah dibersihkan, bilas bekas kotoran menggunakan air bersih. Basahi bagian-bagian berkerak dengan air, kemudian taburkan asam sitrat secara merata. Diamkan asam sitrat agar bekerja kira-kira 1 jam. Setelah itu, sikat keramik yang ada keraknya dan bilas menggunakan air sampai bersih. Kita bisa membeli larutan pembersih sendiri karena harga Porstex pembersih keramik yang cukup terjangkau.

5. Sabun Cuci Piring & Air Panas

Namun, kita juga dapat membuat larutan pembersih sendiri. Cairan pembersih kerak yang paling mudah untuk dibuat sendiri ialah campuran antara sabun cuci piring serta air panas. Kita bisa menemukan sabun cuci piring secara mudah, lalu campurkan saja dengan air panas. Setelah campuran ini selesai, siramkan pada bagian keramik yang tampak berkerak. Gosok-gosok menggunakan sikat dengan gerakan melingkar. Noda atau kotoran yang ada akan hilang. Setelahnya, kita bisa membilasnya menggunakan air bersih. Cara ini terbilang lebih ekonomis dan tak kalah efektif dari merk pembersih kerak kamar mandi yang beredar di pasaran. Dalam membersihkan kamar mandi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pemakaian sarung tangan lateks saat kita membersihkan keramik kamar mandi. Hal ini tak lepas dari pemakaian bahan-bahan kimia sebagai pembersih yang dapat merusak kulit.

Peralatan untuk Membersihkan Kamar Mandi

Menghilangkan kerak di kamar mandi memang bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa alat pembersih yang bisa kita manfaatkan seperti spons, sikat, kain bekas dan lain-lain tergantung dari tingkat kesulitannya. Sementara untuk celah sempit yang susah dijangkau, gunakan sikat gigi bekas. Kawat pencuci piring biasanya akan digunakan untuk mengangkat kerak yang sudah membandel. Untuk pembersih toilet paling bagus, ktia bisa menggunakan aneka bahan seperti pemutih, cuka, amonia hingga boraks. Tak perlu repot meramu sendiri cairan pembersih ini karena semuanya bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Jangan biarkan kerak menjadi masalah menahun di kamar mandi yang akan membuat kita terpaksa menggantinya dengan keramik baru.

Kerak sendiri biasanya akan tumbuh di keramik kamar mandi dan juga celah-celahnya. Kerak akan mudah dibersihkan saat baru tumbuh dengan cara menggosokkan spons kasar. Akan tetapi, kerak bisa menjadi lebih sulit dibersihkan jika kita sudah harus menggunakan sikat kasar serta cairan pembersih keramik lantai yang bagus. Jangan biarkan kerak menjadi kondisi yang menahun sehingga mengendap dan sulit dibersihkan. Wajar jika kerak bermukim di kamar mandi karena akan dapat dengan mudah muncul di kondisi basah serta lembab. Air mengalir dari shower, bathtub, keran ataupun wastafel akan menciptakan area basah dan meninggalkan kerak jika tidak segera dikeringkan. Membersihkan kamar mandi sebenarnya bukan hal sulit apabila dilakukan secara berkala dan caranya tepat.

Tips Membersihkan Toilet

Selain penggunaan cairan pembersih kloset duduk untuk mengurangi kerak, kita juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan guna meminimalisir timbulnya kerak. Pertama, gunakan tipe kamar mandi kering. Pertimbangkan untuk menggunakan tipe kamar mandi ini mengingat kondisi lembab akan mempercepat timbulnya kerak. Selain itu, segera perbaiki kebocoran yang ada. Jangan tunggu sampai kebocoran yang terjadi semakin parah sebelum diperbaiki. Kebocoran pada tembok kamar mandi, keran, pancuran ataupun pipa harus segera diperbaiki jika kita menemukannya. Ini karena rembesan air akan sangat memungkinkan terjadinya kerak. Selain itu, pastikan sirkulasi udara di dalam kamar mandi cukup baik. Ventilasi yang baik akan membantu mengurangi kelembaban yang menyebabkan kerak.

Senantiasa jaga kebersihan dengan tidak membiarkan baju basah kotor berlama-lama di kamar mandi. Kelembabannya akan menyebar. Bersihkan pula sisa sabun atau shampo yang tercecer di wastafel, pancuran atau lantai. Kita bisa menggunakan cairan pembersih kloset mampet khusus untuk membersihkan kloset. Pastikan juga saluran air tengah dalam kondisi yang lancar. Jangan biarkan ada lubang pembuatan air yang tersumbat di kamar mandi. Terakhir, simpan peralatan mandi secara baik dan di tempat yang kering. Kita bisa menggunakan rak gantung supaya peralatan mandi tetap bersih serta rapi. Segera buang botol-botol bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

2 comments for "Pembersih Keramik Kamar Mandi Paling Ampuh Untuk Angkat Kerak"

  1. sangat bermanfaat sekali informasinya http://www.tildee.com/MDDT1j

    ReplyDelete
  2. selain keramik kamar mandi, Handle pintu kamar mandi termasuk hal yg paling utama dibersihkan, karena yang banyak bersentuhan dengan tangan yang beraktivitas dr mana saja, sehingga banyak kumannya.

    ReplyDelete