Cara Menambal Bak Mandi Keramik di Kamar Mandi

Tiap rumah sudah pasti akan memiliki bak mandi. Kebanyak bak mandi ini akan dibuat secara permanen menggunakan semen serta keramik. Bak mandi keramik akan lebih tahan lama dibandingkan bak mandi yang terbuat dari bahan lainnya. Akan tetapi, tetap saja tidak ada yang sempurna di dunia ini. Bak mandi keramik juga bisa mengalami kebocoran sewaktu-waktu. Di sinilah kita akan membutuhkan cara menambal bak mandi keramik. Menambal bak mandi keramik ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa langkah mudah yang dapat kita ikuti agar bak mandi keramik dalam kamar mandi kembali dapat digunakan dan penampilannya kembali seperti sedia kala.
cara menambal bak mandi keramik
Foto : youtube.com

Cara Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor

Kebocoran pada bak mandi sendiri akan diawali dengan merembesnya air dan berlanjut pada kebocoran yang lebih parah sehingga air dalam bak mandi sangat cepat habis. Lubang kecil pada sela-sela keramik ini juga dapat menjadi jalan masuk cacing warna merah. Tentunya kita harus mencari pelapis bak mandi bocor agar hal ini tidak terjadi. Sebelum mulai menambal bak kamar mandi, terlebih dahulu harus kita deteksi di mana letak kebocorannya. Jika kebocoran terjadi karena adanya retakan pada keramik atau gerakan tanah, pasti mudah dicari letaknya. Namun bagaimana jika hanya ada retakan kecil? Biasanya retakan berukuran kecil ini tak terlihat sehingga harus kita deteksi dengan lebih teliti.

1. Kenali Kebocoran
Isi bak mandi terlebih dahulu sampai full lalu jangan pakai kamar mandi setidaknya selama setengah hari. Karena tidak ada aktivitas dalam kamar mandi, pastinya kamar mandi akan kering, akan tetapi jika terjadi kebocoran, maka akan terlihat dinding luar bak mandi mengalami kebasahan. Fokuskan ke sisi dalam letak rembesan itu dan cobalah meraba apakah ada lubang di tempat keluarnya air. Biasanya, akan ditemukan adanya nat keramik yang lepas atau permukaan keramik yang tampak sedikit amblas. Setelah ditemukan letak rembesan, kita bisa langsung mempraktekkan cara mengatasi bak penampungan air yang bocor. Bak mandi sendiri takkan bocor sendiri tanpa alasan, sehingga perlu kita cari dulu sumber dari masalah ini.

2. Nat Kamar Mandi
Beberapa penyebab dari kebocoran kamar mandi di antaranya adalah nat yang terlepas. Untuk mengatasi nat keramik kamar mandi yang lepas, maka siapkan semen putih, cetakan dan juga lem super. Bahan opsional lainnya adalah pasir. Lubang pada nat yang dibiarkan terlalu lama aman menimbulkan kerusakan di bagian bawah keramik. Cara mengatasi yang disarankan ialah melepas keramik di sekitar  nat yang terlepas itu kemudian membersihkan bagian dinding tersebut. Setelah pembersihan selesai, pasang keramik kembali dan isikan pasir serta semen hingga permukaan keramiknya rata dengan keramik di sekitarnya. Gunakan campuran antara semen putih serta lem guna menambal nat di pinggiran keramik.

3. Cek Keramik Jika Retak
Keramik retak ataupun pecah juga bisa menyebabkan kebocoran. Cara membuat bak mandi agar tidak bocor jika keramiknya retak atau bahkan pecah adalah dengan menggunakan semen abu-abu, lem serta cetakan. Kita juga membutuhkan sapu lidi. Apabila keramik yang pecah ini keadaannya cukup parah, sebaiknya kita ganti dengan keramik yang baru. Namun jika keramik hanya retak, kita akan dapat menambalnya. Ambil semen abu-abu lalu campurkan dengan lem. Sisipkan adonan pada lubang retakan. Gunakan sapu lidi agar retakan kecil dapat terisi. Cara penanganan akan berbeda apabila keramiknya amblas. Amblasnya keramik dapat disebabkan karena adonan smen serta pasir di bak yang kurang baik sehingga permukaannya ada yang amblas.

4. Tambal Keramik yang Retak
Siapkan semen, pasir cetokan, lem serta semen putih. Copot keramik yang amblas lalu tambahkan adonan baru guna membuat permukaan keramiknya sejajar dengan keramik yang lain. Isi nat menggunakan semen putih serta lem. Kebocoran kamar mandi bisa diatasi juga dengan menggunakan No Drop untuk bak mandi bocor. Selain itu, penyebab lain dari kebocoran biasanya adalah kran penguras bak mandi yang mengalami kerusakan. Kran yang telah termakan usia biasanya takkan bisa menutup secara rapat sehingga air bisa rembes. Apabila hal ini terjadi, kita dapat menyisipkan plastik supaya tutup kran kembali rapat seperti sedia kala.

Setelah langkah-langkah cara menambal bak mandi plastik yang bocor dilakukan, diamkan terlebih dahulu bak mandi tersebut. Terutama bak mandi keramik harus didiamkan selama setidaknya beberapa hari agar semennya kering secara sempurna. Apabila kebocoran sudah terbilang parah dan air mengalir secara deras, sangat disarankan agar kita mengganti bak mandi dengan bak mandi baru. Pertimbangkan juga untuk mengganti model bak mandi yang lain agar kebocoran yang sama bisa dihindari. Mengingat kebocoran pada bak mandi seringkali karena nat keramik yang lepas hingga retakan pada keramik atau amblasnya keramik, kita bisa mengganti bak mandi keramik dengan bak mandi plastik.

Pemasangan keramik ataupun konstruksi bak yang keliru juga bisa menyebabkan kebocoran. Cara menambal bak mandi keramik ini kurang lebih sama seperti cara menambal kolam beton yang bocor. Melihat cara-cara di atas, menambal bak mandi keramik ternyata tidak terlalu sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga rata-rata hanyalah semen, lem silikon serta pasir. Jika terjadi kebocoran pada bak mandi di rumah, akan mudah bagi kita dalam mengatasinya. Langkah-langkahnya juga sederhana. Namun jika kita tetap tidak bisa melakukannya sendiri, kita bisa memanggil tukang untuk mengerjakan penambalan bak mandi yang bocor ini. Dibutuhkan ketelitian dalam penanganan bak mandi bocor agar titik kebocoran bisa diketahui dan penambalan dilakukan secara tepat.

Kita juga bisa menggunakan Aquaproof untuk bak mandi bocor. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dan penggunaannya lebih kepada pencegahan agar bak mandi tak lagi bocor. Supaya kebocoran bak mandi bisa diminimalisir ke depannya, kita harus pastikan konstruksi bak mandi sudah benar pada saat pertama kali pembuatannya. Ini karena seringkali kebocoran pada bak mandi diakibatkan konstruksi yang kurang sempurna. Adanya tekanan yang terlalu besar serta getaran juga bisa membuat retakan pada keramik bak mandi yang berjung pada kebocoran. Meneliti dengan baik tanda-tanda retakan dan kebocoran ini akan sangat penting agar kerusakan yang ada bisa segera diperbaiki.

Jika sudah menemukan tanda-tanda retakan ataubahkan kebocoran, segera perbaiki bagian yang rusak tersebut dan jangan tunggu hingga bocornya parah. Memperbaiki sedari dini akan menghindarkan bak mandi dari kerusakan yang jauh lebih parah. Selain itu, cepat-cepat memperbaiki kerusakan yang ada juga akan membuat kita tak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membeli keramik baru atau bahkan bak mandi yang baru. Biayanya akan lebih terjangkau sehingga tidak akan memberatkan kita. Bak mandi yang lekas diperbaiki setelah ditemukan di mana letak kerusakannya tentunya akan membuat bak mandi tersebut bisa segera digunakan sesuai fungsinya. Demikian adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada bak kamar mandi serta cara-cara yang bisa kita lakukan dalam menanganinya.

Post a Comment for "Cara Menambal Bak Mandi Keramik di Kamar Mandi"