Cara Membersihkan Kasur dari Berbagai Jenis Noda dan Bau

Membersihkan rumah secara rutin merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani. Dengan demikin, rumah akan bersih dan terlindungi dari kuman. Selain  rutin menyapu dan mengepel, hal penting lainnya adalah membersihkan segala jenis perabotan dan benda-benda yang ada di rumah. Mulai dari lemari, kasur, dan juga hiasan-hiasan yang tergantung di dinding. Untuk perabotan yang wajib Anda bersihkan dalam beberapa waktu adalah kasur. Ada beberapa cara membersihkan kasur yang mudah sehingga kasur Anda akan bebas dari debu dan kotoran.
cara membersihkan kasur
foto:cekhargaonline.com
Tahapan Cara Membersihkan Kasur dengan Bersih dan Aman

Bagaimana cara membersihkan kasur? Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan kasur. Untuk langkah pertama, Anda harus melepaskan seluruh perlengkapan kasur dan menyingkirkan segala jenis bantal atau bonek yang ada di atasnya. Jangn lupa untuk melepas sarung bantal dan guling untuk dicuci. Selain membersihkan kasur, bantal yang sering Anda pakai juga harus dicuci dengan rutin. Jika Anda baru mencuci sarung bantal dan selimut, maka Anda bisa menyingkirkannya ke sisi lain dari kamar Anda. Jangan lupa untuk melepas seprai dari kasur dan mencucinya bersama sarung bantal dan selimut yang Anda singkirkan sebelumnya.

Mencuci sarung bantal, sarung guling, selimut, dan juga seprai merupakan salah satu cara cara menghilangkan bau apek di kasur. Untuk menghindari debu yang menumpuk, Anda harus mencuci sarung bantal, selimut, dan juga seperai. Salah satu yang menyebabkan bau apek adalah adanya debu yang menumpuk pada bantal dan selimut. Untuk itu, usahakan untuk menggantinya maksimal 2 kali dalam sebulan. Jangan lupa untuk memperhatikan instruski yang ada sebagai cara pencucian selimut, seprai, dan sarung bantal yang baik dan benar.

Setelah menangani sprai, sarung bantal, dan juga selimut, kini saatnya Anda membersihkan kasur Anda. Selain mencuci seprai dan bantal, menyedot debu pada kasur juga menjadi cara menghilangkan bau apek pada spring bed yang efektif. Gunakan ujung penyedot berbentuk sikat untuk menyedot debu, tungau, serpihan rambut ataupun kulit mati, dan kotoran-kotoran lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan corong upholstery untuk menjangkau area tepi dan area yang sulit dijangkau. Jika terdapat noda tumpahan pada kasur, maka sebaiknya Anda harus membersihkannya dengan segara. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dingin. Lalu, tepuk-tepuk lap basah tersebut ke area yang terkena noda basah. Pastikan Anda tidak menggosok atau mengusap area tersebut, karena noda akan semakin meresap.

Bagaimana dengan cara membersihkan spring bed yang kena ompol? Tak jauh berbeda dengan cara sebelumya, Anda bisa menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air dingin. Pastikan Anda hanya menepuk-nepuk area yang terkena ompol untuk menghindari noda meresap ke dalam kasur. Jika terdapat bercak noda, maka Anda juga bisa membersihkannya dengan beberapa bahan. Campuran sabun cuci piring dengan hydrogen peroksida. Aduklah kedua bahan tersebut di dalam mangkuk hingga berbusa. Gunakan sikat gigi untuk menggosokan bahan tersebut ke atas area kasur yang memiliki noda. Setelah itu, gunakan lap lembab yang bersih agar sisa sabun dapat terangkat dengan baik dari permukaan kasur.

Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan pembersih enizmatik sebagai cara mencuci kasur kapuk. Semprotkan cairan ini ke area kasur Anda dan tepukan lap kering setelahnya. Diamkan sekitar 15 menit dan tepukan kembali dengan lap kering. Setelah itu, gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dingin untuk mengangkat sisa bahan kimia dari kasur. Bahan ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan beberapa jenis noda biologis seperti, keringat, urine, muntahan, dan juga darah.

Jika sudah, maka Anda juga bisa membersihkan kasur dengan baking soda. Setelah kasur kering, Anda bisa menaburkan baking soda sebanyak-banyaknya ke atas kasur. Sebenarnya, baking soda ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau apek. Jika Anda ingin memberikan wewangian, maka Anda bisa menambahkan essential oil ke dalam baking soda. Setelah kasur Anda tertutupi oleh baking soda, maka diamkanlah selama 30 menit. Cara ini efektif agar baking soda lebih menyerap ke dalam kasur sehingga akan menyerap nooda cairan, bau, dan juga menghancurkan asam.Jika Anda merasa 30 menit masih tidak cukup, maka Anda bisa membiarkannya selama berjam-jam. Semakin lama baking soda didiamkan pada kasur Anda, maka akan semakin membuat baking soda lebih mudah untuk meresap segala noda dan bau apek pada kasur. Jika sudah selesai, maka Ada bisa menggunakan penyedot debu sekali lagi. Gunakanlah corong panjang dan sikat untuk mengangkat sisa debu dan kotoran yang belum terangkat.

Setelah cara membersihkan spring bed dengan baking soda selesai, maka Anda harus mengangin-anginkan kasur. Bagaimanapun juga kasur Anda harus dalam keadaan kering agar tidak berbau. Selain itu, kelembapan pada kasur juga akan memicu jamur. Anda bisa membuka jendela kamar untuk memberikan udara segar sehingga akan mempercepat pengeringan pada kasur. Lalu, bagaimana cara mengeringkan springbed basah? Anda bisa menjemur kasur yang sangat basah di luar ruangan. Jika memang diperlukan dan di lama ruangan tidak memungkinkan kasur untuk cepat kering, maka Anda bisa menjemur kasur Anda di tempat yang bersih. Di bawah sengatan matahari langsung, kasur akan lebih mudah kering dan tidak menimbulkan kelembapan.

Cara Menjaga Kebersihan Kasur Setelah Membersihkannya

Jika sudah mengetahui cara mengeringkan kasur busa dan jenis kasur lainnya, maka Anda juga harus mengetahui beberapa cara untuk menjaga kasur. Agar kasur tetap awet, maka Anda harus membalik atau memutar posisi kasur sehingga seluruh bagian dapat digunakan secara merata. Putarlah posisi kasur setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Lalu, Anda juga bisa menggunakan pelindung kasur atau mattress protector yang berfungsi untuk melindungi kasur. Jika sudah ada perlindungan ini, maka akan semakin mempermudah Anda untuk membersihkan debu dan kotoran pada kasur. Setelah seluruh proses selesai dengan sempurna, Anda bisa kembali memasangkan seprai dan sarung bantal. Mulailah dengan memasang seprai dalam dan juga seprai luar. Pasang sarung bantal dan guling yang bersih ke masing-masing bantal dan guling yang Anda miliki. Lalu, Anda juga bisa meletakan selimut yang sudah bersih di atasnya.

Demikianlah cara membersihkan kasur. Sebelum seprai dan seluruh sarung bantal dan guling, pastikan seluruh bagian dari kasur Anda sudah benar-benar bersih. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kelembapan pada kasur akan mengundang jamur dan akan memperparah kualitas dari kasur yang Anda miliki. Perwatan kasur ini bisa Anda lakukan untuk setiap bulannya. Namun, pastikan Anda membersihkan permukaan kasur dan mengganti seprai dan sarung bantal secara rutin. Semakin sering Anda menyedot debu pada kasur, maka akan semakin kecil kemungkinan bau apek muncul pada kasur.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Kasur dari Berbagai Jenis Noda dan Bau"